Mencintai Diri Sendiri Menurut Ashley Graham

Girls Power

10, July 2020

Kenal Ashley Graham? Ashley adalah model bertubuh plus size yang terkenal dengan kampanye body positivity-nya. Biasanya ketika kita mendengar seseorang berprofesi sebagai model, kita menganggap ia bertubuh kurus.

Tubuh model yang kita lihat di sampul majalah, iklan televisi, maupun papan iklan di luar ruangan umumnya bertubuh langsing. Tapi Ashley membuat kita memahami bahwa bentuk tubuh seorang model tidak harus kurus.

Sebenarnya tren kecantikan sendiri berkembang dari waktu ke waktu. Tapi cantikmulai identik dengan kurus sejak tahun 90-an. Inilah yang membuat model di sampul majalah maupun iklan televisi umumnya bertubuh kurus. Padahal, hal ini dapat memengaruhi cara pandang publik terhadap tubuh perempuan.

Akhirnya muncul standar bahwa cantik itu harus kurus walaupun seseorang bukan berprofesi sebagai model. Inilah yang coba diubah oleh Ashley. Ia mengajarkan kita untuk mencintai diri sendiri. Apa saja hal lain yang bisa kita pelajari dari Ashley?

Ashley Graham
Photo via RollingStone.com

Tidak melabeli tubuh. Menurut Ashley, dia bukan model plus size. Sebab label plus size sering memiliki konotasi yang negatif. Masyarakat sering berpikir bahwa model plus size adalah orang yang kegemukan karena jarang berolahraga dan terlalu banyak makan. Padahal orang yang bertubuh besar belum tentu malas bergerak. Ukuran tubuh kita tidak mendefinisikan kita. Itu adalah bagian dari diri kita dan wajar bila berbeda dengan orang lain. Berbeda itu tidak apa-apa.

Tidak terpengaruh dengan standar kecantikan yang kita lihat di media. Ashley dikenal percaya diri dengan selulit di tubuhnya. Banyak dari kita merasa tidak percaya diri ketika memiliki selulit, guratan kulit (stretch mark), dan lipatan lemak. Padahal ini manusiawi. Tidak ada orang yang tubuhnya sempurna. Tubuh model yang kita lihat di sampul majalah sebetulnya disunting menggunakan Photoshop agar terlihat lebih menarik.

Kita tidak hanya dinilai dari tubuh kita saja. Ashley menunjukkan bahwa perempuan tidak sekadar tubuh yang bagus atau wajah yang cantik. Sebagai perempuan, ada banyak hal yang bisa kita raih. Ashley sendiri dikenal memiliki kemampuan komunikasi publik yang bagus. Ia sering menjadi pembawa acara dan menjadi motivator bagi perempuan muda untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Tidak mendengarkan kata-kata orang lain yang menjatuhkan kita. Ashley bercerita bahwa beberapa kali orang lain mengkritik dirinya untuk menjatuhkan. Misalnya menyebut Ashley bakal makin gendut dan tidak layak menjadi model. Menurut Ashley kita tidak perlu mendengarkan kata-kata yang membuat kita patah semangat. Justru kita harus mencari kekuatan dari dalam diri kita. Kita akan lebih bahagia bila bisa menerima diri sendiri dan berjuang melakukan yang kita suka.

Share to

Contact Us

  • 08119450033
  • [email protected]ndonesia.org
    • Gedung Menara Duta, Lantai 2.
    • Jl. HR. Rasuna Said, Kav b9, Kuningan, Jakarta Selatan 12910 Indonesia

Girls Leadership Academy © 2020